Ternyata koes bersaudara pernah dipenjara

Melihat acara Tempo Hari di TV One barusan jam 09.00-09.30 WIB membuka fakta baru bagi saya. Ternyata Koes Bersaudara atau Band rintisan sebelum menjadi Koes Plus dulu itu pernah di cekal dan dipenjara pada zaman pemerintahan Soekarno.

Kenapa bisa di penjara?

Menurut Yon Koeswoyo, Jaman dahulu saat sedang ramai-ramainya anti inggris-amerika membuat Sang Pahlawan revolusi melarang segala yang berbau inggris-amerika.

Hubungannya Koes Bersaudara dengan Inggris-Amerika apa?

Saat itu mereka sering menyanyikan lagu The Beatles dan formasi bandpun dibuat mirip dengan The Beatles karena saat itu memang masyarakat sedang menyukai The Beatles dan juga penampillan mereka tentunya.

Bagai mana kehidupan mereka saat ini? Secara lagu-lagu mereka legend banget

Ternyata Koes Plus tidak mendapatkan royalti dari lagu-lagu mereka karena jaman dulu penjualan lagunya sistemnya terputus. Saat rekaman saja.

_________________________________________

Diluar dari catatan saya diatas saya bangga kepada Mas Yon yang tidak dendam kepada Soekarno. Meskipun di bilang kelainan mental dan perlu dibetulkan karakter buildingnya. Soekarno juga pernah berseloroh saat ditanya hukuman apa yang akan diberikan kepada anak-anak muda yang menyanyikan The Beatles,”Akan di Cukur rambutnya. Ha ha”

Hal yang unik saat ditanya bagaimana awal mula bermain musik, mas yon menjawab. “Cuma biar dapat tambahan uang untuk makan. Dulu makan pagi saya pakai nasi jagung sama tempe. Kalo sekolah pakai sepatu itu pas baru kelas 2 SMP. Sebelumnya nyeker panas banget. Kalau mau bel pulang sekolah saya megangin perut. Bukan kenapa-napa tapi laper. Ha ha ha”

_________________________________________

Lalu apa hubungan Koes Plus dengan saya yang anak 90an?

Ayah saya penggemar lagu jadul. Konsekuensinya saya jadi sering disuruh mendownload lagu-lagu jadul. Pernah juga disuruh download semua album Koes Plus(i’m serious). Hal tersebut membuat saya sedikit banyak kenal dengan Koes Plus.

Bagai mana Koes Plus saat ini?

Berdasarkan penuturan mas Yon, Koes Plus sekarang memiliki formasi Vokal yang masih dia dan yang lain adalah anak-anak muda yang benar-benar emnyukai koes plus. “Jika disuruh hafal-hafalan lirik mungkin dia yang lebih hapal dari pada saya”, ujar Mas Yon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: