Maicih, Inovasi yang Mendorong Kesuksesan

Pengalaman pribadi dalam menghadapi pahit-manis kehidupan menjadi inspirasi tersendiri bagi Reza Nurhilman untuk membagikan perjalanan suksesnya tersebut kepada masyarakat. Presiden (pemilik dan pendiri) Maicih, produk keripik pedas dari Bandung ini, meluncurkan buku Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih di Blitz Megaplex Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (29/6/2012) lalu.

“Semua cerita dalam buku ini adalah cerita kisah nyata dari kehidupan saya sendiri,” ungkap Reza kepada Kompas Female.

Buku ini memaparkan jatuh-bangun dan perjuangan Reza, atau yang biasa disapa AXL, untuk bertahan hidup bersama keluarga. Terlahir dari keluarga yang tidak kaya membuatnya harus berpikir keras membantu perekonomian keluarga. Suatu ketika ia memutuskan untuk menjual keripik singkong. Keberanian untuk menjadi penjual keripik singkong yang identik dengan makanan tradisional yang tak berkelas ini patut diacungi jempol.

Kreativitas dan inovasinya dalam mengolah keripik singkong ternyata mampu menaikkan derajat camilan tersebut menjadi makanan yang punya nilai jual lebih, dan menjadi produk bergengsi yang sukses menembus pasar internasional. Keberhasilan pria berusia 24 tahun ini dalam menggawangi Keripik Maicih dari nol sampai menembus omzet miliaran rupiah per bulan merupakan bukti bahwa kreativitas dan kerja keras merupakan kunci kesuksesan usaha.

“Melalui berbagai cerita kegagalan dan jalan hidup pribadi saya, buku ini diharapkan mampu memotivasi semua orang agar tak mudah menyerah untuk sukses,” ujar Reza.

Meski termasuk jenis buku motivasi, buku ini tidak menggunakan bahasa yang kaku dan serius. Gaya bertutur yang ringan dan terkadang menyentuh hati khas anak muda menjadi ciri khas Reza dalam menulis. Ia menambahkan, meski buku ini isinya memotivasi anak muda untuk berani berbisnis, ia tidak memberikan tips dan trik secara detail tentang cara berbisnis.

Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih lebih menyerupai buku harian yang menggambarkan perjalanan kehidupan. Namun, lembaran ceritanya tak hanya diisi dengan pengalaman sedih dan jatuh-bangunnya dalam membangun Maicih, tetapi juga dibumbui dengan warna-warna kehidupan yang lain. Ada berbagai cerita humor, serta kisah romantis ala Reza dan sang istri, Lyrra Nursagita Manggala, sewaktu berpacaran.

Melihat kesuksesannya yang diraih dalam waktu singkat, orang pasti bertanya-tanya tentang kunci suksesnya. Satu-satunya motivasi dan kunci sukses usaha yang dibagikan dalam bukunya terdapat di bab 10. Di situ terdapat sebuah paragraf bertuliskan, “… bagi saya bukan begitu adanya. Kesuksesan enggak datang dengan sendirinya, tapi untuk mencapainya juga enggak diperlukan rumusan yang rumit. Menurut saya, sikap, keyakinan, dan totalitas adalah tiga kunci sederhana kesuksesan….”

Melalui buku ini, Reza berharap pembaca menyadari bahwa setiap orang bisa mengubah hidupnya menjadi apa pun yang diinginkan. Lewat perjuangannya, Reza ingin “menampar” kaum muda untuk berani keluar dari zona nyaman dan memperjuangkan impiannya. Buku ini juga mengingatkan bahwa hidup terlalu berharga untuk diisi dengan penyesalan dan keterpurukan saat menghadapi kegagalan. Kegigihan Reza dalam mengubah dirinya, dari remaja biasa menjadi seorang wiraswasta sukses, menunjukkan bahwa impian adalah milik semua orang, tetapi kesuksesan adalah milik mereka yang mau berusaha mewujudkannya

sumber : http://female.kompas.com/read/2012/06/30/10115751/Maicih..Inovasi.yang.Mendorong.Kesuksesan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: