Enaknya jadi komentator sepak bola

Dari sekian banyak bagian dari sebuah pertandingan sepak bola dari wasit, pelatih sampai pemain bisa melakukan kesalahan dan disorot habis-habisan namun ada yang tak bisa berbuat salah dalam sebuah pertandingan sepak bola diTV. Dialah komentator sepak bola.

Menurut saya agak menggelikan dimana seorang komentator tidak berada di sebuah pandangan yang tetap. Komentatornya pun sebaiknya diperhatikan dan berbobot. Hanya sekedar muter-muter ngga’ jelas kemana ujungnya. Bisa jadi cuma menghabiskan durasi 2×45 menit semata. Mengenaskan.

Ilustrasi contoh komentar yang menurut saya aneh.

Komentator 1 : “iya! Bambang Pamungkas mendapatkan umpan dari Leo Saputra dan maju untuk menyundul bola! Ahhhhh! apa yang terjadi bola melambung diatas mistar gawang.”

Komentator 2 : “Patut disayangkan bahwa BP kita kenal sebagai pemain yang memiliki jump yang cukup tinggi serta kemampuan heading yang mumpuni tidak bisa mengeksekusi dengan baik kesempatan yang ia dapatkan”

——————–

Hal diatas berarti menyalahkan pemain. “Sana main sendiri kalau bisa. Ngomong doang sih gampang”. Mungkin dalam hati BP berkata demikian.

———————

Komentator 1 : “Kali ini Anggel Bert Sani menggiring bola kedepan dan melepaskan crossing yang tajam dan yak! Jegger! Gol oleh Greg Nwokolo!”

Komentator 2 : “Greg Nwokolo mengeksekusidengan sempurna tanpa cacat, tanpa cela dengan teknik yang tinggi menandakan ia adalah seorang striker yang haus gol!”

————————

“Padahal gol-nya ngga sebagus itu. Berlebihan banget komennya”, mungkin Greg akan berkata demikian.

NOTE: diatas cuma ilustrasi dari apa yang ingin saya sampaikan agar lebih mudah dicerna. Meskipun menjadi komentator sepak bola, sebaiknya kita tidak memihak yang benar dan menyalahkan yang salah.

Adakalanya manusia berbuat salah dan benar. Oleh karena itu di Liga Italia komentator biasanya dibagi 2. 1 sebagai pendukung tuan rumah dan 1 lagi pendukung tim tamu. Jadi komentator tidak seakan-akan hanya menyalahkan pemain yang salah dan membela pemain yang benar meskipun seakan seperti semua dibela dan dihujat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: