rumus sederhana mencapai kesuksesan

Kali ini saya bukan ingin menceritakan kesuksesan saya dan berjumawa dengan apa yang saya hasilkan. Namun saya ingin berbagi inspirasi kepada pembaca sekalian tentang arti dari sebuah kesuksesan.

Banyak orang yang mendefinisikan kesuksesan, anda juga boleh mendefinisikan apa itu kesuksesan.

Bob Sadino saat ditanya di acara Kick Andy oleh Andi F Noya berkata, “Saya ngga’ tau apa itu kesuksesan. Kamu itu terlalu makan kebanyakan rumus.”

Nah, daripada kita ribet-ribet mikirin rumus lebih baik kita buat acuan utama dari kesuksesan itu sendiri.

Berikut ringkasan dari apa yang saya simpulkan dari seluruh artikel, buku, koran, majalah dan blog yang saya baca serta inspirasi saya pribadi :

  1. Kesuksesan adalah saat kita membuat rencana dan mampu merealisasikannya bahkan lebih.
    Jadi, kalau tidak mempunyai rencana kita akan terombang-ambing kesana kemari dan tidak memiliki acuan untuk melangkah. Bisa diartikan pula bahwa kita memiliki tujuan dan kita terjemahkan sebagai rencana-rencana kegiatan yang lebih spesifik.
  2. Keberuntungan dan kesempatan hanya berguna saat kita siap menerimanya.
    Adakalanya kita tidak siap menerima keberuntungan. Misalnya Anda mendapatkan hadiah Haji sekeluarga dari Produk A. Namun sekeluarga tidak memiliki passport. Padahal tanggal keberangkatan sudah mepet. Keberuntunganpun tidak ada gunanya karena Anda belum siap.Suatu hari Anda mendapatkan info untuk beasiswa study komputer ke Jepang. Cita-cita ingin menjadi penerus Romi Satria Wahono di Jepang harus kandas. Kenapa kandas? Tugas Akhir Anda masih direvisi dan kemungkinan selesai baru 1 bulan lagi. Sementara pengajuan terakhir adalah 2 minggu lagi.

    Jadi, mari kita siapkan sebaik mungkin apa yang kita bisa saat ini.

  3. Segala yang kita miliki akan bermanfaat apabila kita  mampu memanfaatkannya. Beberapa tahun ini saya seringkali bolak-balik membeli hosting, domain, bahkan VPS untuk bisnis yang ingin saya realisasikan. Namun semuanya masih belum berhasil karena saya kurang bisa memanfaatkan apa yang saya miliki. Jika Anda berkata bahwa Modal dana adalah yang paling penting maka saya akan berkata bahwa “Mampu memanfaatkan modal itu lebih penting”.Mental miskin dan konsumtif seringkali membuat kita lupa bahwa jika memiliki uang jangan dihabiskan semua. Dalam jumlah uang sekian banyak harus ada porsi untuk save dan invest. Meskipun sangat susah merubah kebiasaan konsumtif tapi asal ada niat dan usaha keras yang ulet maka tidak ada yang tidak mungkin.
  4. kesuksesan harus dibagi bukan untuk diri sendiri. Lihatlah para sosial preneur Indonesia yang rela berkorban demi memajukan perekonomian bangsa.
  5. Tidak ada kesuksesan yang menuju neraka. Berbisnis harus menjaga alam, sesama dan kehidupan jangka panjang. Dalam hal ini termasuk kehidupan akhirat. Bisnis yang tidak jujur hanya akan membawa malapetaka. Jihad bukan hanya berperang dengan artileri berat dan pedang beracun namun mencari nafkah yang halal untuk keluarga juga termasuk jihad. Wallohu’alam.

Semoga rangkuman ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua.

Mari kita praktekkan dan SEMANGAT!!!

Leave a Reply

