Cara membuat password yang baik dan benar

Rido Sandi Atmanto – Cara membuat password yang baik dan benar. Begitu banyak aplikasi di dunia maya yang kita gunakan secara gratis dan tanpa perlu login. Namun untuk sebagian aplikasi yang meskipun gratis kita dituntut untuk mendaftarkan diri dengan email dan password. Dalam membuat password kitapun harus tahu Cara membuat password yang baik dan benar.

“Ngapain susah-susah pake mempelajari Cara membuat password yang baik dan benar? Suka-suka aku dong”.

Mungkin sebagian dari temen-temen akan bilang seperti itu. Kita ambil contoh saja. Pak SBY punya Facebook dan Twitter. Karena ada yang iri dengan Pak SBY maka Facebook dan Twitter-nya ingin di hack oleh orang. Dengan segala upaya si hacker akhirnya mampu menguasai Facebook dan Twitter Pak SBY yang ternyata passwordnya sangat mudah, yaitu 12345.

Itu cuma contoh dan jangan diambil hati. Okey?

Cara membuat password yang baik dan benar

Balik lagi ke Cara membuat password yang baik dan benar. Sekian banyak akun yang kita miliki pastinya akan membuat kebingungan dan seringkali lupa. Walaupun ada fasilitas Forget Password yang sangat membantu akan lebih baik jika kita bisa langsung login tanpa Forget Password ke akun e-mail terlebih dahulu.

Penjelasan ini adalah hasil dari pengalaman saya sebagai programmer web, tukang koding, pembuat aplikasi, mulung password di google( heheh ^^v piss), baca-baca di forum, buku, blog orang dan juga inspirasi saya pribadi. Acuan ini berlaku bukan hanya di aplikasi web tetapi semua jenis aplikasi terutama yang penting-penting. Misalkan password komputer/laptop.

  1. Gunakan kombinasi antara angka dan huruf
    Kenapa harus angka dan huruf? Alasannya hacker menggunakan tekhnik brute force yaitu tekhnik mencocokkan password dengan kata-kata yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya kata-kata dalam kamus bahasa inggris. Nah, dikamus mana ada kata rido67, mawar22. Kayaknya ngga’ laku kamusnya :P.
  2. Gunakan bahasa daerah
    Kenapa harus pakai bahasa daerah? Karena kembali lagi untuk menghindari brute force(Mencocokkan password dengan kata yang ada dalam kamu atau kata-kata tertentu yang sudah ditentukan). Selain Brute Force ada ahal lain yang dapat dicegah dengan menggunakan bahasa daerah. Blind Guessing, yaitu teknik menebak password dengan segala hal yang mungkin digunakan. Biasanya tanggal lahir, nama pacar dll.

    Misal saya menggunakan bahasa daerah kebumen yaitu kata “keblewok”. Jika orang yang mampu menebak bisa dipastikan memiliki darah wong ngapak alias wong kebumen atau  minimal paham bahasa kebumen.

  3. Bedakan password antara akun satu dengan yang lain.
    Kenapa harus beda? Untuk menghindari penjarahan akun secara massal. Misalkan password Blogspot, Facebook, dan e-mail sama bisa dipastikan ketiga akun tersebut dapat dikuasai dengan mudah hanya dengan satu password saja.
  4. Gunakan bahasa alay
    Apa itu alay? (googling sendiri deh, critanya runyam campur menyan ntar :D).
    Contoh password dengan bahasa alay :
    r1D08uK4Nc4paCPA
    58yD4n7k
  5. Kombinasikan antara huruf besar dan huruf kecil.
    Kenapa begitu? Kita ambil kasus saja. Misalkan akun wordpress minimal passwordnya 6 karakter. Jika semua karakter adalah huruf kecil maka perhitungan kemungkinannya adalah sebagai berikut :

    a-z=26 huruf
    Jika dibolehkan 6 karakter yang sama maka akan ada peluang sebanyak

    26x26x26x26x26x26 = 308.915.776 kemungkinan

    Sementara jika menggunaka kombinasi huruf besar dan huruf kecil akan ada peluang sebanyak

    a-z=26
    A-Z=26

    52x52x52x52x52x52= 19.770.609.664 kemungkinan.

    Akan lebih baik lagi jika mengkombinasikan dengan angka setelah menggunakan huruf besar dan kecil.

  6. Gunakan Simbol
    Kenapa menggunakan simbol? Karena mempersulit kombinasi dan kemungkinan password. Si Hacker menebak dengan huruf dan angka sementara passwordnya menggunakan simbol. Bisa kena types mikirin passwordnya apa. hehehe.

    Contoh menggunakan simbol adalah
    si*dari$
    (^$%^&*&^$
    RSA!%@$#.

    NOTE : Tidak semua aplikasi mengizinkan penggunaan password dengan simbol. JIka mengizinkan simbol gunakanlah simbol yang ada di keybord saja agar encoding yang dilakukan(proses penterjemahan simbol) bisa dibaca dengan baik.

  7. Kombinasikan langkah 1-6 diatas. InsyaAlloh yang mau nge-hack akan mikir 999 kali. :)

PESAN PENTING : Jangan menuliskan atau menyimpan password dimanapun. Apalagi password Cpanel disimpan di hosting. BAHAYA.

Sekian tulisan dari saya tentang Cara membuat password yang baik dan benar. Ada tambahan? langsung komen aja ya?

SEMANGAT !!!

One Comment to “Cara membuat password yang baik dan benar”

  1. Iya bener tuh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: