Dennis Ritchie Tutup Usia, Para Programer Berduka

KOMPAS.com – Setelah kepergian Steve Jobs, dunia teknologi informasi kembali kehilangan seorang tokoh pentingnya. Dia adalah Dennis Ritchie, seorang ahli komputer asal Amerika, yang meninggal dunia Rabu (12/10/2011) pada usia 70 tahun.

Mungkin tak banyak yang mengenal nama Dennis Ritchie, dia memang tak setenar Steve Jobs. Namun, jasanya dalam sejarah komputer dunia tak kalah dari Steve Jobs. Ritchie adalah orang yang membuat bahasa pemrograman C.

Bahasa C yang dibuat Ritchie ini menjadi dasar sistem operasi modern saat ini, seperti Linux, Apple MacOs, dan Android. Tanpa Ritchie, mungkin saja tidak ada komputer dan aplikasi-aplikasi seperti yang Anda pakai saat ini.

Seperti yang dikutip KOMPAS.com dari CNet, kabar kematian Ritchie pertama kali didapat dari rekan lama Ritchie, Rob Pikedi melalui sebuah postingan di Google+. Kabar ini kemudian dikonfirmasi oleh pihak Bell Labs, tempat pertama dimana Ritchie memulai karirnya.

Selain sebagai penemu bahasa C, Ritchie juga terkenal dengan tulisannya di buku yang berjudul “The C Programming Language”. Buku ini menjadi “primbon” wajib bagi para programer di seluruh dunia. Dia juga berkontribusi besar dalam pengembangan sistem operasi Unix, ini membuatnya menerima Turing Award pada tahun 1983 (bersama Kenneth Thompson).

Ritchie merupakan panutan dan guru bagi seluruh programer/developer di seluruh dunia. Kepergiannya tentu sebuah kehilangan besar bagi mereka dan tentunya dunia teknologi informasi.

Selamat jalan, Ritchie.

sumber :kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: