mari menulis

Saat baru menjadi mahasiswa AMIK PGRI Kebumen saya pribadi merasa agak enggan untuk menulis di website kampus. Dalam tema apapun pokoknya malas untuk menulis dan lebih suka menulis di blog saya(klik disini).

Tapi sekarang saya jadi lebih semangat untuk membuat tulisan. Tema apapun seharusnya memang ditulis dan dipublikasikan. Terutama yang berkaitan dengan kampus waaupuntak melulu soal IT semata.

Dulu saya menulis hanya seminggu sekali ataupun sekedar menunggu ada orang lain posting agar nama saya tidak berada disetiap halaman postingan. Istilah “Mahasiswa Kesregepen” kadangkala membuat saya risih. Tapi sekarang justru sangat semangat untuk menulis terutama untuk membuat tutorial.

Statistik Download Counter(Penghitung jumlah download) menunjukkan bahwa mahasiswa AMIK PGRI Kebumen sangat antusias untuk belajar dengan cukup banyaknya jumlah download. Hanya saja masih ada kurang greget untuk mencari bahan sendiri di “Rimba Dunia Maya”. Belum lagi keinginan untuk secara “CLINK ! ala jinny oh jinny” agar langsung mendapatkan materi yang dibutuhkan.

Sebaiknya cara pandang pencarian materi harus diubah. Adakalanya pencarian suatu materi harus memakan waktu berjam-jam, berhari-hari, bahkan pernah berbulan-bulan.

Waktu jaman-jamannya masih baru pake linux saya dan jarokhim(look for his blog here ) sering kelimpungan kalau ada something trouble.

Hal yang paling berkesan adalah saat mengetahui kalau “Script web yang dimasukkan kedalam webserver harus dimasukkan saat kita login sebagai root. Alternatif lain bisa dilakukan yaitu dengan mengganti file permission-nya.” Saya baru mengetahui cara ini setelah 3 bulan kemudian.(Baca: TIGA BULAN, ntar dikira salah tulis. xixixix :P). Padahal di banyak tutorial disebutkan tapi tidak secara jelas. Cuma disuruh ganti permission doank(ra mudengan kon. heheh).

Begitu juga saat meng-update WiFi laptop yang biasanya tak bisa langsung connected. Sekian lama mengoprek ternyata mengupdate WiFi dengan Linux sangatlah mudah.

Caranya :

  1. Kunjungi http://linuxwireless.org
  2. Masukkan merek wifi dan prototype-nya di bagian search. Contoh AR2427, (ini adalah salah satu wifi produksi Atheros)
  3. Klik search
  4. Baca panduannya(English Punya tapi jangan takut)
  5. Download wifi yang cocok dengan protype-nya
  6. Kalo ga cocok download versi yang lebih lama atau yang lebih baru

Dengan Kita mencoba sendiri maka kita bisa lebih tau dari mana dan kenapa sebuah metode digunakan. Setelah dicoba maka dokumentasikan karena adakalanya kita sendiri lupa ataupun ada yang mengalami masalah yang sama sehingga bisa sama-sama terselesaikan.

Oleh karena itu mari menulis !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: