Cara memperbaiki pompa air yang tak kuat menyedot air dari sumur

Menurut hukum fisika bahwa

Semakin dalam air maka semakin besar tekanan yang ada didalam air

Oleh karena itu, biasanya pompa air yang harus menyedot air di Sumur yang penuh karena baru saja kehujanan biasanya mengalami kesulitan untuk melakukan kinerja yang seharusnya.

Berdasarkan pengalaman yang saya alami di rumah. Berikut adalah Cara mengatasi Pompa air yang ngadat :

  1. Buka tabung atas penampung air pada Pompa air
  2. Isi dengan air sampai penuh
  3. Tutup kembali tabungnya
  4. Nyalakan pompa kembali

NB :

  1. Ini berlaku bagi pompa air yang menyala namun air tidak tersedot
  2. Bisa juga digunakan untuk kran air yang penuh sedimen tanah(misal : Endapan lumpur) agar penghalang yang ada di selang/ pipanya bisa keluar dan tidak menghambat turbin
About these ads

24 Comments to “Cara memperbaiki pompa air yang tak kuat menyedot air dari sumur”

  1. sebelah rumah saya sedang ngebor dengan kedalaman 30 meter, berarti khan pakai mesin jet pum , jarak area yg di bor dengan area bor saya hanya 8 meter , sedangkan waktu itu kedalaman bor air saya hanya 9 meter . apa nanti nya air bor saya akan tersedot ???

  2. kalau pny ku mesin menyala tapi baru mau keluar kalau pipa di kocok dulu

  3. tolong dong. drumah tu ada msin air yg celup, padahal cuma 6pipa turun k bwah, tapi air y msh kcil kluar y. trim’s

  4. semenjak diganti sama shimizu semi jet,..air kacau debit nya sedikit,..padahal pompa murmer yang sebelumnya ,..bawaan developer,..malah semburannya banyak,…
    aneh,..padahal belokan pipa sama,..4 belokan naik ke atas genteng,..
    gimana nih shimizu..

  5. ha punya ane ma normal semua berjalan (mesin)udah ane ganti gan kelep2nya tapi kenapa nga yedot juga ya?

    • pernah juga ditempah mbah saya seperti itu. Kemungkinan mesinnya udah ngga bisa “ngangkat” air lagi. Dulu akhirnya dibelikan yang baru. Padahal mesin menyala. Klep diganti dan tabungnnya juga. Tetep gmww ngankat airnya

  6. untuk menentukan pompa ini kuat tidaknya menyedot air gimana caranya pak.. makasih

  7. aku jg bermslh dg pompaku cm gni boss kl air ga ksedot nyampe katakanlah mendidih itu ga bs ngluarin air ko boos gmn solusinya?

  8. aduh gan, ga sesuai teori.
    tempat saya kalo habis hujan malah bagus pompanya.
    karena airnya lebih dangkal, jadi pompa ga terlalu berat ngisep airnya
    kalo macet krn lumpur atau jalur pipa terisi udara karena pompa lama ga dipakai, bolehlah cara di atas.

    • ga sesuai praktek kali :).

      *disini begitu. Kalau ketinggian air terlalu tinggi otomatis tekanan air juga tinggi. Kalau pompa airnya bagus seh ngga ngaruh kayaknya. Cuma dirumah saja pakai yang biasa jadi ngaruh n krasa banget

  9. pusing hari ini pompa air macet …

  10. sebetulnya banyak sebab kenapa pompa air tidak keluar, pertama jenis pompa air. pompa air kecil, semi jet pump, jet pump, d’sible. juga cara mengatasinya tergantung apa yang menjadi keluhan pemakai, misalkan tidak keluar air.hal pertama yang harus dilakukan adalah 1. periksa kipas pendingin berputar kaga, kalau kg berputar ittu artinya terjadi macet/ aus pada klaher, 2. jika beputar, periksa tabung pengisian air. tambahkan air lalu nyalakan pompa air. kalau pompa belum keluar air sedangkang di tabung pengisiankosong itu berarti ada masalah pada klep pengisapan juga pada klep tabok/air, periksa?????????????? selanjutnya hubungi bengkel terdekat.

    • Komentar yag sangat berbobot mas.

      Saya cuma sharing pengalaman yang saya alami.

      Dalam hal ini mungkin karena air sudah hampir kering di sumur dan sudah banyak blader(lumpur)nya.

      Untuk variable lain bisa dikondisikan

      Terima Kasih telah berkunjung :D

    • gan punya ku nyala semua… kipas berputar tpi gk bisa nyedot air…
      padahal air di sumur penuh…

      gmn cara nya klau dia gtu…

      • Berdasarkan pengalaman ane gan, Semakin Penuh Isi air maka akan semakin berat proses penyedotan.
        Secara khan pipa ujungnya ada dibagian bawah sumur dimana tekanan lebih tinggi.

        #jadi pompanya harus diganti yang lebih kuat gan.

      • kemungkinan ada kebocoran pada pipa penyedot. sehingga pipa tidak vakum yang menyebabkan penyedotan air bersama udara, akhirnya tidak ada air yang bisa diangkat karena berisi udara, sedangkan sifat air dan udara sangat bertentangan. ( air cenderung mengalir ke tempat lebih rendah, udara menguap atau ke tempat bertekanan rendah). sebaiknya cek pada pipa penyedot, pastikan sambungan tidak bocor/lem perekatnya sempurna.
        bisa juga dari baling2 pompanya yang udah aus. pastikan juga klep ujung paling bawah bekerja dgn baik. mungkin itu sdkit pengalaman dari sy. karena sering otak atik pompa air.

      • analisanya bagus banget mas ali ! saya malah blm tahu sedalam itu. Pengalamannya dah banyak pasti y mas

        Thanks penjelasannya mas. Nanti khan pada baca di komentar2 yang udah browsing

  11. Tetep aj gx bisa gan

  12. disini juga lebih komplit bos

  13. artikel yang menarik…..nice info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: